Aspek Rekam Medis dan Nilai Guna Rekam Medis

Aspek Rekam Medis dan Nilai Guna Rekam Medis

Sering kali kita temukan bahwa aspek rekam medis dengan nilai guna atau nilai-nilai rekam medis disama-artikan (bahasa jawa = salah kaprah). Benar bahwa aspek rekam medis dengan nilai guna rekam medis merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan, namun demikian, keduanya merupakan hal yang sangat sangatlah berbeda.

Bertitik tolak dari aspek-aspek yang terkandung di dalam rekam medis,  maka timbullah nilai guna rekam medis yang dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang, yaitu baik dari sudut pandang pasien, dokter, maupun institusi pelayanan kesehatan. Dan tidak dapat dipungkiri juga, bahwa pihak ketiga juga memiliki sudut pandang berkaitan dengan nilai guna rekam medis tersebut.

Di bawah ini akan diuraikan mengenai aspek-aspek dan nilai guna rekam medis ditinjau dari berbagai sudut pandang/kepentingan :


Tutorial Budidaya Jangkrik Kalung Bibit Indukan - Peluang Usaha





Aspek-aspek Rekam Medis

Merujuk kepada petunjuk teknis penyelenggaraan rekam medis/medical record di rumah sakit, terdapat beberapa aspek di dalam rekam medis, yaitu :

Administrasi

Sebuah berkas rekam medis mempunyai nilai administrasi, karena isinya menyangkut tindakan berdasarkan wewenang dan tanggung jawab sebagai tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya dalam mencapai tujuan pelayanan kesehatan.

Medis

Suatu rekam medis memiliki nilai medis, karena catatan tersebut dipergunakan sebagai dasar untuk merencakan pengobatan/perawatan yang harus diberikan kepada seorang pasien.

Legal

Suatu rekam medis memiliki nilai hukum, karena isinya menyangkut masalah adanya jaminan kepastian hukum atas dasar keadilan, dalam rangka usaha menegakkan hukum serta penyediaan bahan tanda bukti untuk menegakkan keadilan.

Financial

Suatu rekam medis mempunyai nilai keuangan, karena isinya dapat dijadikan sebagai bahan untuk menetapkan biaya pembayaran pelayanan di rumah sakit. Tanpa adanya bukti catatan tindakan/pelayanan, maka pembayaran tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Research

Suatu rekam medis mempunyai nilai penelitian, karena isinya mengandung data/informasi yang dapat dipergunakan sebagai aspek penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan.

Education

Suatu rekam medis mempunyai nilai pendidikan, karena isinya menyangkut data/informasi tentang perkembangan kronologis dari kegiatan pelayanan medis yang diberikan kepada pasien. Informasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan/referensi pengajaran di bidang profesi si pemakai.

Documentation

Suatu rekam medis mempunyai nilai dokumentasi, karena isinya menjadi sumber ingatan yang harus didokumentasikan dan dipakai sebagai bahan pertanggungjawaban dan laporan rumah sakit.


Nilai Guna Rekam Medis

Nilai guna rekam medis ditinjau dari berbagai sudut pandang, sebagai berikut :

Nilai Guna Rekam Medis Bagi Pasien

Rekam medis berisi data tentang riwayat kesehatan pasien masa lalu dan saat ini, dan berisi dokumentasi yang dilaksanakan oleh para profesional kesehatan untuk kondisi pasien saat ini dalam bentuk temuan pemeriksaan fisik, hasil diagnostik dan prosedur/tindakan terapeutik, dan respon pasien.

Oleh karena profesional kesehatan memberikan pelayanan kepada beberapa pasien dalam periode tertentu, maka mereka tidak terlalu dapat mengingat penyakit setiap pasiennya dan respon terhadap terapi yang telah diberikan.

Demikian pula, pasien mungkin juga tidak ingat secara detil tentang penyakitnya dan terapi yang telah diterimanya. Dengan demikian, rekam medis berfungsi sebagai referensi bagi keduanya, yaitu untuk pasien maupun profesional kesehatan. Rekam medis menyediakan bukti perawatan yang telah diberikan, yang diperlukan untuk proses klaim asuransi kesehatan pasien. Rekam medis juga dapat membantu pasien dengan penyediaan data untuk para profesional kesehatan yang merawat pasien pada periode perawatan berikutnya, sehingga dapat terwujud kesinambungan perawatan bagi pasien. Rekam medis dapat menyediakan data yang dapat melindungi kepentingan hukum bagi pasien dalam hal kompensasi sebagai pekerja, cedera pribadi, ataupun kasus malpraktik.

Nilai Guna Rekam Medis Bagi Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Rekam medis menyediakan data untuk mengevaluasi kinerja profesional kesehatan yang bekerja di sarana pelayanan kesehatan dan untuk mengevaluasi penggunaan sumber daya yang dimiliki. Seperti peralatan diagnostik khusus dan layanan yang ditawarkan. Rekam medis digunakan sebagai alat untuk survey oleh lembaga-lembaga lisensi, sertifikasi maupun akreditasi dalam mengevaluasi sarana pelayanan kesehatan sesuai dengan persyaratan standar dari masing-masing lembaga.

Rekam medis merupakan bukti yang sangat kuat untuk mendukung pengajuan klaim kepada penanggung biaya pihak ketiga. Fasilitas pelayanan kesehatan membuat ringkasan/resume dari rekam medis sebagai laporan diagnosis, atau alasan kontak dengan pelayanan kesehatan dan prosedur/tindakan yang dilakukan sebagai bukti untuk pengajuan klaim pembayaran. Karena dokumentasi catatan pelayanan yang diberikan, dapat digunakan, jika perlu, untuk melindungi fasilitas pelayanan kesehatan dari tuntutan hukum.

Nilai Guna Rekam Medis Bagi Profesional Pelayanan Kesehatan

Rekam medis menyediakan informasi untuk membantu para profesional kesehatan yang terlibat dalam perawatan pasien dalam periode perawatan sekarang dan kunjungan berikutnya pada sarana pelayanan kesehatan. Catatan dokumentasi yang dibuat oleh setiap profesional, akan melindungi kepentingan hukum dari profesional tersebut. Rekam medis membantu para dokter, khususnya, dalam memberikan kesinambungan perawatan pada tingkat pelayanan kesehatan yang berbeda. Untuk pendidikan/pengetahuan mereka, semua profesional dimungkinkan untuk menelaah rekam medis pasien yang pernah mereka tangani.

Nilai Guna Rekam Medis Bagi Pengajar, Peneliti, dan Penanggung Jawab Kesehatan Masyarakat

Rekam medis berisi data yang dapat membantu profesional kesehatan dan pelajar/mahasiswa dalam profesi kesehatan untuk mempelajari tentang perawatan pasien dan proses penyakit. Rekam medis sangat diperlukan didalam memajukan penelitian bidang medis dengan menyediakan database untuk mengevaluasi efektivitas pengobatan untuk penyakit tertentu. Rekam medis juga menyediakan data untuk pelaporan peristiwa penting seperti kelahiran dan kematian kepada badan/lembaga kesehatan masyarakat di setiap negara. Persyaratan untuk pelaporan penyakit tertentu, seperti penyakit menular dan luka tembakan, juga ada di setiap negara untuk melindungi kesehatan individu dan masyarakat. Statistik dikembangkan dari data yang dikumpulkan dengan cara di atas, dapat mendokumentasikan kebutuhan pemerintah, nasional, dan program kesehatan dunia.

Nilai Guna Rekam Medis Bagi Organisasi Yang Bertanggungjawab Dalam Pembayaran Klaim Pelayanan Kesehatan

Perusahaan asuransi dan penelaah program pemerintah meneliti rekam medis untuk menentukan apakah dokumentasi dapat mendukung klaim atas manfaat asuransi. Dalam keterlibatan lebih lanjut pada program asuransi kesehatan pemerintah, rekam medis dikelola oleh sebuah sarana yang telah di-review mengenai kepatuhan terhadap standar tentang isi rekam medis.

Dari uraian di atas, dapat kita pahami bahwa nilai guna rekam medis merupakan konsekuensi dari berbagai aspek yang terkandung di dalamnya, berhubungan erat dengan setiap “individu” yang terlibat didalamnya. Baik sebagai individu perorangan, maupun individu secara institusi.


Sumber :
Depkes RI, Dirjen YanMed, 1997, Pedoman Pengelolaan Rekam Medis Rumah Sakit           Di Indonesia, Jakarta
Huffman, Edna K., 1994, Health Information Management, Tenth Edition, Physicians’           Record Company, Berwyn, Illinois

Comments:
Name
Email
Comment
 
Note : Your email will not be shared or viewed.



Copyright 2011 www.kristianusrianto.com
www.kristianusrianto.com | Privacy Policy And Disclaimer | Contact Us | Sitemap